Hebohnya Perayaan Hari Emoji Sedunia



Baru-baru ini orang-orang diseluruh dunia merayakan World Emoji Day atau hari emoji sedunia pada tanggal 17 Juli lalu. Hal ini semakin ramai dengan tagar atau hastag bernada sama #worldemojiday di berbagai media sosial seperti instagram, facebook, dan twitter.

Emoji digunakan sebagai simbol untuk mengungkapkan atau mewakili perasaan seseorang kepada orang lainnya melalui pesan digital seperti whatsapp, dll. Emoji pertama kali dibuat oleh Shigetaka Kurita, seorang desaigner asal negeri sakura, Jepang diantara tahun 1998-1999. Lalu pada tahun 2016, emoji pertama yang diciptakan tersebut dipamerkan di Museum of Modern Art (MoMA), New York.

Sebelum emoji booming di dunia, ada pula simbol yang lebih dulu sering digunakan para pengguna ponsel, yaitu emotional icon atau yang lebih akrab dengan sebutan emoticon. Perbedaannya dengan emoji adalah emoticon menggunakan karakter huruf, angka, dan tanda baca yang kemudian dibentuk menjadi sebuah ekspresi yang mewakili perasaan si pengirim.

Contohnya, tanda titik dua dan tutup kurung yang berarti tersenyum. Namun, seiring dengan berkembangnya emoji, emoticon pun seolah semakin tenggelam. Penggunaan emoji yang jauh lebih praktis dan lebih mudah dipahami dianggap salah satu alasan orang-orang lebih senang menggunakan emoji dibanding emoticon.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hebohnya Perayaan Hari Emoji Sedunia"

Post a Comment